edugayahidupblog - Blog
March
29
2015

Resep Sambal Bawang Bu Rudy yang Sedap

Jiah.... ketinggalan neh membuat sambal umbi lapis bu Rudy terkait. Sudah lama sementara itu ya ngetren dan banyak juga yang sudah coba. Hmmm tadinya menikmati sambal sempurna buatan bu Rudy sendiri saya belum pernah. Tahunya terselip sambal bu Rudy yang terkenal tersebut karena lihat pada salah satu acara televisi.

Nah untung ya ada mba Rina Rinso yang telah mencoba membuat resep sambal bawang akan bu Rudy terkait. Terima kasih resepnya ya mba Rina. Dan jadilah sambal ini yang memintas di dunia semu. Nih walaupun belum pernah mencobanya & hanya membaca resepnya saja.. sudah mampu membayangkan betapa pedasnya sambal ini.

Sesudah dicoba nih.. alamak pedasnya sambal bu rudy.. tetapi senang sekali, benaran deh... wuih apalagi bagi pecinta pedas seperti saya, benar-benar sah menyantap sambal terkait. Nah sejak baru buat, suka & akhirnya buat juga.. he..

Sambal-Rumahan-Bu-Rudy.jpg

Tetapi bagi yang bukan suka dan bukan tahan pedas, tan- coba-coba deh menyantap sambal ini, pasti bisa sakit perut. Tapi bagi yang salah hati, mungkin bisa menutup cabai rawit merah secara cabai merah aja, ya pastinya pedasnya tidak akan nampol lalu.

Sambal bawang mama Rudy yang aku buat ini terencana tidak banyak minyak yang saya gunakan, secara memang tak suka jika menyantap sambal yang terlalu banyak minyak. Kecuali itu saya gak menggunakan gula, bayangan sebelum diprotes hubby yang tidak suka sambal bergula. Hmmm makin mantap pedasnya.

Nah yang mau mencoba sambal super pedas ini silakan, ini resepnya ya...

Bakal:

250 gr bawang merah

250 gr cabai rawit (campur warna hijau, oranye dan sakit bulan, banyakin yang lugu dan oranye) (saya gunakan cabai rawit merah/rawit setan semua)

1 sendok teh garam

1 sendok teh gula (saya bukan pakai)

15 gr/ 1 sendok membaham kaldu bubuk (saya tidak pakai)

200 cc minyak goreng (saya kurangi minyak ketika menumis sambal yang sudah diuleg hanya 1 centong makan saja)

Cara membuat:

Goreng kucai merah dan lada kutuk sampai harum

Uleg bawang dan lada kutuk, jangan terlalu lagak, asal uleg sekadar

Tambahkan garam, gula dan kaldu serbuk, goreng sekali sedang dengan minyak wadah menggoreng sampai minyak berwarna kemerahan

Ambil

Ternyata mudah kan membuat sambal kucai Bu Rudy itu kan... bahan-bahannya sedang tetapi enak sangat.. nah yang sebal silakan mencoba ya... semoga sesuai nafsu makan.

Share on Facebook Back to the blog



Comments:


 
Panel title
Antal besøg: 214747

Lav en gratis hjemmeside på Freewebsite-service.com

Editing

-0,45386409759521sekunder