gurugayahidupnet - Blog
Sept
10
2015

Mengetahui Passing Grade di PTN SNMPTN Tertulis

Mungkin banyak secara bertanya-tanya makhluk apakah Passing Grade (PG) itu. PG cuma diciptakan oleh pimpinan belajar (bimbel) buat mempermudah siswa pada menerapkan strategi memilih jurusan. Dengan demi siswa dapat melukiskan jurusan mana dengan tingkat kesulitannya besar sulit, sulit terlintas cukup sulit.

Dalam tulisan saya sebelumnya, pilihan pertama serta pilihan kedua pantas memiliki range renggangan 10 sampai dengan 15 poin. Lebih lengkapnya silahkan baca vokal tersebut.

Ada satu diantara perguruan tinggi yang pernah mengeluarkan passing grade. Dua tahun yang lalu ITB masih menyelenggarakan ujian mandiri bernama USM ITB. Saat tersebut secara resmi ITB mengeluarkan tingkat ketegangan relatif dengan nilai dalam skala 0-100 dalam websitenya.

Tapi sejak tahun lalu terlintas kini ITB gak mengadakan ujian bebas dan tidak mengeluarkan passing grade pada skala angka sedangkan dalam skala karakter. Seperti yang telah saya sebutkan lebih dari ada jurusan yang tingkat kesulitannya benar-benar sulit, sulit dan cukup sulit.

Dalam ITB sendiri seksi yang menduduki unit kesulitan tertinggi adalah Farmasi, Informatika dan Pertambangan. Posisi tersebut berubah tiap tahunnya tergantung besar kecilnya jumlah peminat di masing-masing jurusan tersebut.

8b3a9440fed797641ed88a1cb6237da5_full.jp

Passing grade tiap bimbel jelas berbeda-beda. Misalnya antara Sony Sugema College serta Ganesha Operation. Terdapat beberapa siswa dengan beranggapan bahwa passing grade di GO lebih tinggi. Namun, sepanjang pengetahuan abdi, bimbel yang mempunyai standar passing grade tertinggi adalah bimbel Nurul Fikri.

Nah, jadi sudah pasti dampak kelulusan tiap try out di masing-masing bimbel pastilah tidak sama karena standar pgnya juga beda.

Siap beberpa siswa abdi yang les di dua bimbel. Pukul rata siswa kelas 12 SMA memilih ke-3 bimbel tersebut untuk tempat les intensif SNMPTN. Ada siswa yang les dalam SSC namun dia juga mengikuti program di GO. Terdapat juga yang les di NF pada pagi hari, sore harinya les dalam SSC. Masing-masing bimbel punya keunikan & kekuatan tersendiri. Maka siswa yang sudah biasa mengetahui kekuatan masing-masing bimbel tersebut bukan sungkan untuk belajar di dua teritori yang berbeda. Petunjuk ini cukup memukau karena siswa telah bisa berpikir kian rasional dalam menyigi sebuah bimbingan bersekolah.

Nah, itu sekadar dulu penjelasan kecil tentang passing grade. Jangan pernah bertanya passing grade di dalam perguruan tinggi olehkarena itu mereka tidak pernah mengeluarkan passing grade. Jika kebetulan engkau tidak mengikuti bimbel jangan khawatir. Sebab menentukan passing grade itu sangat mudah. Lihat saja di website snmptn. ac. id disana tersedia daftar program uraian masing-masing universitas diikuit daya tampung/ketersediaan taraf dan peminat prodi tersebut pada tahun sebelumnya. Semakin banyak peminatnya dan semakin segelintir kuota yang disediakan artinya prodi ini masuk kategori benar sulit. Sebaliknya jika daya tampung makin luas dengan peminat yang tidak terlalu banyak siap ditafsirkan bahwa prodi tersebut berpotensi ataupun memiliki peluang lebih besar.

Tags : sbmptn 2016

Share on Facebook Back to the blog



Comments:


 
Panel title
Antal besøg: 289557

Lav en gratis hjemmeside på Freewebsite-service.com

Editing

-0.116544008255sekunder