klikbisnispusat - Blog
March
10
2015

Memahami Reksadana dan Bermacam-macam Keuntungannya

Pendanaan saat ini semakin naik daun di kalangan kerabat pemilik modal besar maupun pas-pasan. Jumlah pilihan investasi yang tersedia; di antaranya merupakan reksadana. Namun, pra memutuskan untuk terpelanting ke bisnis tersebut, hal pertama secara perlu anda tanyakan dan anda elakan adalah: apa tersebut reksadana? Bagaimana keuntungan dan resikonya? Bagaimana cara membelinya? & masih banyak sedang pertanyaan lainnya.

bank+commonwealth.jpg

Reksadana dan Cara Kerjanya

Secara sederhana, takrif http://www.analisaforex.com/17/03/2014/apa-itu-reksadana/5701.html adalah perlengkapan untuk mengelola dana dari investor. Dana ini dikumpulkan sebab manajer investasi yang telah diberi wewenang sama badan Pengawas Pasar Modal dan peraturan (Bapepam-LK) untuk mengumpulkan dana dari suku pemodal. Walaupun wali investasi mendapatkan kapital dari investor, ia tidak menyimpan kiriman investor maupun nasabah sendiri. Dana yang ada disimpan dalam Bank Kustodian dengan merupakan lembaga penjagaan asset keuangan, termasuk dalamnya reksadana.

Nah, setelah mengetahui apa itu reksadana dengan singkat, hal selanjutnya yang perlu anda pahami adalah cara kerjanya. Pengetahuan tentang cara kerja ini akan menghindari anda dari resiko penipuan berkedok investasi reksadana (RD). Untuk paham bagaimana cara pikulan investasi ini, sepantasnya perhatikan ilustrasi berikut:

Pada tahap prolog, seorang manajer pendanaan (MI) bekerja untuk menemukan sponsor sebagai pemberi dana talangan pertama. Misalnya, MI mendapatkan dana sponsor sebesar Rp. 1 trilun; dana itu kemudian dibagi jadi Unit Penyertaan (UP) senilai Rp. 1. 000 per unitnya. UP inilah secara kemudian dijual terhadap investor/masyarakat. Untuk Rp. 1 triliun, berisi terdapat sebanyak 1 milyar UP (Rp. 1 triliun/Rp. 1. 000 = 1 Milyar UP).

Lalu…. bagaimana investor sanggup mendapatkan keuntungan?

Anggap saja dalam zaman satu bulan, MI memanfaatkan dana itu untuk reksadana sumbangan di perusahaan asuransi, dan mendapatkan laba sebesar Rp. 40 Milyar, berarti semuanya dana sekarang menonjol menjadi Rp. 1, 04 triliun (Rp 1 triliun + Rp. 40 M)., atau sama dgn 4%. Berarti guna setiap UP, seorang investor mendapat keuntungan sebesar Rp. 40 (4% x Rp. 1. 000). Kedengarannya kecil bukan? Tapi, jika anda siap berinvestasi awal sebesar Rp. 1 juta saja, maka di sebulan anda sanggup mendapatkan keuntungan sebesar Rp. 40. 000. Angka ini harusnya lebih besar atas bunga bank, yang hanya mencapai 6 hingga 10% masing-masing tahun.

Selain menimba dana dari investor maupun nasabah, pelatih investasi juga berurusan untuk membantu nasabah dalam membuat dekrit investasi, menyelesaikan transaksi, merealisasikan untung dan ruginya, manajemen resiko, membukukan bunga dengan diterimanya ke dalam Nilai Aktiva Terang reksadana tersebut. Ia juga menginvestasikan gaji yang didapatnya sebagai surat berharga / portofolio efek buat selanjutnya dikelola secara profesional.

Share on Facebook Back to the blog



Comments:


 
Panel title
Antal besøg: 133860

Lav en gratis hjemmeside på Freewebsite-service.com

Editing

-0.3010880947113sekunder