infobisnisbaru - Blog
Sept
15
2015

Merapikan Perizinan Usaha di Indonesia: Gampang ataupun Sulit?

Bagi beberapa besar masyarakat, kalau mendengar janji pemerintah yang menyatakan birokrasi perizinan khususnya utk pelaku usaha akan dipermudah dan terus disederhanakan, sepertinya itu hanya janji menawan semata. Mungkin terkait akan jadi janji kampanye yang kompak digaungkan tiap masa kampanye saja.

Pada Republik tercinta itu, untuk memulai Biro jasa di Jakarta unik usaha baru, anggaplah yang paling penuh dan hukumnya puguh yach badan jual beli yang berbentuk Serikat dagang Terbatas (PT). Sepanjang pengalaman penulis melangkah dibidang usaha, seorang diri dengan basis PT, nampaknya kecenderungan sertifikat pendirian PT wajib diperbarui setiap kolam terbit Undang Perseroan Terbatas secara baru ataupun dengan diperbarui. Misalnya PT yang berdiri tahun 1996, wajib merukunkan dengan UU PT terakhir - karena pasal2 nya dengan harus disesuaikan dengan perundang2an yang buncit.

Bagi PT dengan sdh lengkap dan sdh disahkan di DepkumHam pun tentu disesuaikan mengikuti UNDANG-UNDANG terakhir dan berdasarkan pengalaman, pengecekan menjalani beberapa biro ladenan dan kantor Notaris di Jakarta, dana untuk menyesuaikan akte plus pendaftaran mode pengesahan kembali pada DepkumHam serta diumumkan di Berita Negri dan dicetak organ kecilnya - pukul rata berkisar paling sedikit antara Rp 4, 5 Juta.

KantorBiroJasaYogyakarta.jpg

Jadi kalaupun tidak berlangsung perubahan pemegang bagian, tidak terjadi reformasi susunan pengurus, akan tetapi ada UU PT yang baru, maka PT yg berjalan tsb wajib masuk disesuaikan.

Lalu, bagaimana dengan mendirikan PT berbadan hukum secara baru sama sekali. Ini bergantung kelasnya. Jika kelas kecil dengan modal dasar maksimum Rp 500 Juta dan modal disetor Rp 200 Juta, biayanya sekitar Rp. 6Jutaan sudah tergolong biaya pengesahan di Depkumham, biaya pemuatan di Berita Negeri dan cetak surat berkala kecil. Prosesnya kendati memakan waktu menyimpangkan cepat 45 perian sejak ditanda-tanganinya Akte pendirian di depan Notaris.

Tertarik dengan usulan teman bisnis dalam luar negeri, hamba mencoba mencari informasi utk mendaftarkan rasa badan usaha di negeri tetangga, Singapura. Singapura sengaja hamba pilih karena variasi alasan, mulai dari sela terbang yang seharga berkisar 1 weker 40 menit sampai banyak teman dalam negeri Singa itu. Juga hukum secara bersih dan transparan serta lingkungan yg serba tertib serta teratur.

Penasaran menurut biaya pendaftaran timbangan badan usaha pada SIngapura? Ternyata mencengangkan sekali. Seorang teman sudah mengecek di instansi terkait, biayanya hanya berkisar Sin$ 350 - Sin$ 400 saja sudah biasa lengkap semua. (Dengan kurs hari terkait Sin$1 = Rp 6586, maka biayanya hanya berkisar Rp 2, 300, 000 - 2, 600, 000 an). Selain biaya yang rendah sekali, persyaratan perlengkapan disetorpun tidak diatur oleh Pemerintahnya. Istilahnya: One dollar company pun okay, sandi asma mau setor Sin$ 1 pun juga oke.

Lalu buatan lama izin jual beli dapat diselesaikan terlintas kita bisa mulai berbisnis di Singapura? Cuma 1 weker. Proses inkorporasi keseluruhan hingga izin rampung maksimal hanya menandaskan waktu 1 weker. Dan bisnis dan nama perusahaan Anda telah bisa langsung digunakan. Memang, setelah ini kita wajib membalas pajak dan melakukan pelaporan rutin minimal 1 tahun sungguh.

Share on Facebook Back to the blog



Comments:


 
Panel title
Antal besøg: 144056

Lav en gratis hjemmeside på Freewebsite-service.com

Editing

-0.11745095252991sekunder